Wednesday 19 October 2016

5 Skill Penting Bagi Pengusaha Online

Ingin berbisnis? Sekarang semakin mudah bagi kamu untuk membuka dan menjalankan bisnis, tentu saja bukan berarti berbisnis itu mudah. Wirausaha bukan untuk semua orang, kamu perlu menjadi orang yang serba bias, bukan hanya ahli dalam satu skill tertentu saja. Untuk mencapai kesuksesan, tentunya kamu akan menghadapi berbagai situasi yang mengharuskan kamu untuk menjalankan berbagai peran dengan beragam skill berbeda.

Sebelum mulai berbisnis, kamu perlu mempersiapkan diri kamu dengan sejumlah skill dasar yang penting bagi seorang pebisnis. Selain skill, kamu juga perlu keyakinan dan mental yang kuat.
 
Nah, berikut ini adalah sejumlah skill penting bagi pengusaha yang perlu kamu pelajari sebagai dasar untuk memulai bisnis online.
 
1. Rutinitas

Efisiensi dan produktivitas memerlukan rutinitas yang mantap dan tetap. Bukan berarti rutinitas untuk melakukan hal yang sama setiap harinya, tapi lebih kepada mindset dan perilaku yang berpegang pada rutinitas kerja.
Rutinitas harian menghasilkan etika kerja. Sebagai seorang pengusaha atau istilah kerennya entrepreneur, kamu tidak memiliki bos. Artinya kamu harus jadi pemimpin bagi diri kamu sendiri, dimana kamu harus bisa bekerja dengan kesadaran sendiri setiap saat. Menjalankan rutinitas adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan produktivitas dan bukan malah membuang waktu dengan buka Facebook atau YouTube.
Rutinitas juga menghasilkan ketekunan. Ingat bahwa kamu bakal perlu menghabiskan banyak waktu ketika memulai usaha sebelum akhirnya mencapai sukses. Kamu bakal menghadapi banyak masalah dan berpikir kamu telah gagal. Karena itu, mindset rutinitas bakal membantu kamu untuk tetap fokus bekerja dan meningkatkan kualitas pekerjaan kamu.
 
2. Email Management

Salah satu skill penting yang perlu kamu kuasai sebagai seorang pengusaha adalah email management. Meski sekarang ada banyak fasilitas lain seperti messenger atau chat platform, email tetap penting untuk menjaga dokumentasi perkembangan pekerjaan kamu.
Pelajari etika email. Terdapat sejumlah etika dan peraturan dalam korespondensi menggunakan email. Tentu saja, aturan ini bisa berbeda tergantung perusahaan dan preferensi masing-masing. Namun penting bagi kamu untuk mengetahu etika email secara umum.
Pelajari tentang produktivitas email. Semakin sukses usaha kamu, email yang kamu terima akan semakin menumpuk. Email saran, komentar, keluhan, hingga ajakan kerjasama atau yang lainnya. Pelajari cara memisahkan dan filter email agar kamu bisa lebih produktif, misalnya email mana yang lebih penting untuk dibaca atau dibalas terlebih dahulu, dsb.
Pelajari keamanan email. Waspada terhadap malware, hacker, phishing dan lainnya. Jangan sampai masalah keamanan menyebabkan email penting di inbox kamu hilang atau malah dibajak orang lain.
 
3. HTML dan CSS

Internet sekarang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita dan tentu saja bisnis online tidak bisa lepas dari website. Sebuah website adalah penting dan wajib bagi pebisnis online, sehingga sangat penting  bagi kamu untuk mempelajari HTML dan CSS dasar.
Dengan kemampuan dasar HTML dan CSS, kamu bisa mengubah dan melakukan tweak pada website kamu tanpa harus membayar orang lain. Kamu bahkan bisa membuat website sendiri apabila skill kamu mencukupi.
Yang paling penting, kemampuan coding mampu mengasah kemampuan berpikir kamu. Kamu akan dapat melihat sebab dan akibat dari suatu masalah dan memecahkan masalah teknis.
 
4. Marketing dan Promotion

Tidak ada gunanya menjalankan usaha tanpa mempromosikannya. Sebagai seorang pengusaha, kamu memerlukan skill marketing dan promosi.
Cara paling mudah adalah melakukan promosi online, seperti:
  • Tingkatkan traffic website
  • Social media marketing
  • Viral online video
Intinya, jangan pernah takut, ragu atau malu untuk mempromosikan bisnis dan brand kamu. Jika kamu sendiri tidak yakin, bagaimana orang lain bisa percaya?
 
5. Data Analytic

Bagaimana cara mengukur kesuksesan usaha kamu? Di era digital saat ini, kamu bisa mengukur keberhasilan dengan angka traffic, exposure dan jumlah penjualan. Karenanya, untuk mengetahui dan mengukur kesuksesan, kamu perlu mengetahui dan mengenal analytic.
Tools yang paling popular adalah Google Analytic, layanan gratis dari Google yang dapat memberikan data traffic website dan metric lain yang kamu perlukan untuk menganalisa website. Tool lain seperti social media analytic dan laporan sales juga bisa menjadi data penting untuk kamu.
Skill penting dalam data analytic adalah kemampuan untuk membedakan dan memahami data yang diberikan oleh tools analytic. Apakah kamu mampu memahami kekurangan, memberikan solusi  dan memberikan estimasi untuk masa mendatang? Analytic dapat membantu kamu mengetahui apa yang salah atau benar, namun pengusaha terbaik mampu menganalisa data dengan cara berbeda yang tidak dapat dilihat dengan mudah.
 
Kesimpulan
Ingat, menguasai skill diatas tidak menjamin kesuksesan kamu dalam menjalankan usaha. Namun tentunya akan mengurangi tingkat kegagalan serta memberikan keseimbangan dan keteraturan dalam menjalankan usaha. Apa kamu bisa sukses tanpa satu atau lebih skill diatas? Tentu saja mungkin.

Ini Dia Inspirasi 27 Pengusaha Online Muda Yang Sukses Dari Luar Negeri

Salah satu hal yang fantastis mengenai internet adalah bahwa tidak ada hal seperti diskriminasi usia ketika datang untuk menjadi pengusaha online sukses Tidak masalah jika Anda 13 atau 83 - Anda miliki sebagai kesempatan halnya orang untuk menjadi sukses melalui usaha online Anda. Untuk membuktikan hal itu, di sini adalah 27 pengusaha muda yang membuat impian mereka menjadi kenyataan melalui bisnis online. 

Juliette Bindak, 20 dari MissOandFriends.com - Juliette Bindak mendirikan perusahaannya, Miss O dan Teman, sebuah situs untuk anak perempuan, oleh perempuan, pada usia 10.Pada saat ia berusia 19, baru tahun lalu, perusahaan memiliki nilai lebih dari $ 15 juta. Dia juga menerbitkan bukunya yang pertama pada usia 16 tahun, yang telah terjual lebih dari 120.000 eksemplar. Juliette adalah inspirasi yang benar untuk setiap, remaja pra-remaja, atau orang dewasa yang ingin memulai kerajaan online!


Pete Cashmore, 24 dari Mashable.com - Dari situs Mashable: "Pete Cashmore adalah CEO berusia 24 tahun dan pendiri Mashable.com, a Technorati Top 10 di seluruh dunia blog. Dia mendirikan Mashable di sebuah kota kecil Skotlandia pada tahun 2005 pada usia 19. Pada tahun 2009, Cashmore terpilih sebagai salah satu Inc Magazine�s 30 30 bawah, Forbes �Top 25 Web Selebriti dan Top Pos Huffington� 10 Game Changers 2009. " 


Michael Dunlop, 21 dari IncomeDiary.com - Michael Dunlop mulai situs web pertama menguntungkan ketika dia hanya 16 tahun. Sekarang, pada usia lanjut dari 21, Michael benar-benar hidup apa yang disebutnya Gaya Hidup Internet. Michael blog adalah tentang bagaimana membantu orang lain mencapai mimpi yang sama. Melalui wawancara dengan beberapa pemimpin pikiran benar-dalam pemasaran online, serta konten pembelajaran, Michael membawa informasi yang bagus untuk siapapun yang ingin menjadi blogger profesional.

Adam Horwitz, 19 dari AdamHorwitz.tv - 19 tahun Adam Horwitz mengatakan pada situs bahwa ia memiliki tujuan untuk mendapatkan satu juta dolar per tahun pada saat ia 21. Semua tanda menunjukkan bahwa menjadi kenyataan. Adam mulai di pemasaran internet pada usia 15 dan telah menjadi seorang pakar di bidang pemasaran afiliasi dan PPC (bayar per-klik) iklan. Sekarang dia membuat uang mengajar orang lain untuk mencari nafkah di daerah-daerah. blog-Nya penuh dengan video informasi, tips, dan banyak hal konyol yang mungkin tidak membuat Anda seorang pengusaha yang lebih baik, tetapi hanya bisa membuat Anda tertawa. 


Jonathan Mead, 23 dari IlluminatedMind.net - Full-time blogger dan kehidupan pelatih Jonathan Mead memberikan dosis stabil inspirasi dan bagaimana-untuk konten pada blog, dan melalui populer nya e-book, Anda Reclaim Dreams, dan The Zero Hour pekan kerja - Bagaimana saya Dibebaskan Myself Dari 9-5 dengan Mendapatkan Bayaran ke Be Me. Pada hanya 23, Jonathan telah menemukan formula "rahasia" untuk menjadi pengusaha sukses dengan berbagi cerita dan keahlian melalui blogging. 

Kevin Sproles, 25 dari Volusion.com - Kevin Sproles mulai merancang situs web pada usia 16. Setelah menerima banyak permintaan solusi keranjang belanja, Kevin, dengan uang sangat sedikit dan banyak ketekunan, mulai coding keranjang belanja perangkat lunak. Sekarang, pada usia 25 tahun, perusahaannya memasok paling pemenang penghargaan e-commerce online solusi untuk lebih dari 100.000 pengusaha maupun perusahaan besar. 

Catherine Cook, 20 dari myYearbook.com - Sejak myYearbook rekan pendiri dengan kakaknya di tahun 2005, pada usia 15 tahun, Catherine Cook dan timnya telah mengumpulkan lebih dari $ 20 juta modal dan telah tumbuh menjadi salah satu situs yang terbesar AS sosial situs media dengan lebih dari 20 juta anggota.Situs ini membuat pertemuan orang-orang baru mudah dengan memperkenalkan anggota untuk permainan sosial inovatif yang semuanya terikat bersama-sama dengan mata uang virtual yang bernama "Uang Makan siang." 

Aaron Levie, 24, dan Dylan Smith, 24 dari Box.net - Aaron Levie Box.net semula dibuat sebagai proyek bisnis perguruan tinggi dengan tujuan membantu masyarakat dengan mudah mengakses informasi mereka dari lokasi manapun. Box.net diluncurkan dari kamar asrama Aaron pada tahun 2005 dengan bantuan pendiri, dan sekarang CFO, Dylan Smith. Harun adalah visioner Box belakang produk dan strategi platform. Dia telah berbicara tentang konten dan alat-alat kolaborasi di acara-acara seperti Accenture Global Summit, South by Southwest, dan Svase. Dylan telah berperan penting dalam pertumbuhan Box.net �dan pembangunan sejak mulai perusahaan dengan Harun. 

Sam Lessin, 26 dari Drop.io - Setelah lulus dari Harvard, Magna Cum Laude pada tahun 2005, Sam Lessin mulai Drop.io. Drop.io adalah sederhana, swasta, real-time, berbagi, kolaborasi, dan presentasi situs di mana pengguna dapat meng-upload file apapun dan memiliki kemampuan untuk mengakses, berbagi, dan mengedit file-file dari komputer yang tersambung ke Internet. Sam juga pendiri SocialGreat.com, sosial berbasis lokasi media situs dengan basis pengguna tumbuh. 

Gurbaksh Chahal, 27 dari gWallet.com - Gurbaksh Chahal memiliki cerita kewirausahaan menakjubkan. Setelah putus sekolah tinggi di San Diego pada usia 16 untuk memulai ClickAgents, jaringan iklan berbasis kinerja, ia tumbuh perusahaan selama dua tahun, di mana titik itu diakuisisi oleh ValueClick dalam kesepakatan seluruh saham-$ 40 juta. usaha berikutnya, lain jaringan iklan yang disebut BlueLithium, diakuisisi pada tahun 2007 oleh Yahoo! untuk $ 300 juta tunai. Gurbaksh mulai gWallet, sebuah platform mata uang virtual untuk media sosial, pada bulan September tahun 2009. Pada tahun 2008, Gurbaksh memoarnya diterbitkan dalam buku berjudul The Dream. 

Nat Turner, 23; Zach Weinberg, 23; dan Scott Becker, 23 dari InviteMedia.com - Nat Turner dan Zach Weinberg memiliki ide untuk Undangan Media, sebuah platform membeli untuk media tampilan online, sedangkan di perguruan tinggi. Mereka, bersama dengan Scott Becker dan Michael Provenzano, diluncurkan perusahaan pada tahun 2007 dan sejak mendarat jutaan dalam pendanaan modal ventura. Undangan Media adalah "pertama membeli platform universal" untuk media layar, dan direksi termasuk mereka yang terlibat pada awal perusahaan seperti Real Media, Tacoda, Strategis Data Corporation, dan Kanan Media. 

Eric Koger, 25, dan Susan Koger, 24 dari ModCloth.com - Sekolah Tinggi kekasih Eric dan Susan Koger mendirikan ModCloth, sebuah pakaian online, aksesoris, dan pengecer dekorasi pada tahun 2002, saat mereka mahasiswa di perguruan tinggi. Perusahaan ini telah berkembang ke lebih dari 100 karyawan dan lebih dari $ 15 juta dalam penjualan tahunan.Apa yang membuat ModCloth terpisah dari pengecer pakaian online lainnya adalah fokus pada berhubungan dengan pelanggan melalui berbagai outlet media sosial. 

Ryan Allis, 25 dari iContact.com - Ryan Allis adalah co-founder dan CEO iContact, penyedia terkemuka alat pemasaran email untuk usaha kecil. Ryan telah membangun iContact North Carolina berbasis dari awal pada tahun 2003 untuk ukuran saat ini dengan lebih dari 175 karyawan, 50.000 pelanggan, dan $ 28 juta penjualan tahunan, sementara mengumpulkan dana $ 10.8 juta untuk tumbuh perusahaan. Ryan juga merupakan penulis buku Zero ke Satu Juta, yang mencapai daftar Wall Street Journal Bestseller pada tahun 2008. 


Matt Mickiewicz, 25 dari SitePoint.com - Awalnya bernama Webmaster-Resources.com, Matt Mickiewicz mendirikan apa yang sekarang dikenal sebagai SitePoint pada tahun 1998. Situs ini telah berkembang menjadi salah satu situs paling banyak dikunjungi di Internet dengan setengah juta pelanggan newsletter. Matt juga merupakan pendiri 99Designs.com, sebuah situs berbasis komunitas di mana mereka yang membutuhkan keahlian desain dapat terhubung dengan desainer dari semua disiplin ilmu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Situs saat ini memiliki lebih dari 180.000 anggota. Selain itu, Matt adalah pendiri Flippa.com, sebuah situs yang memfasilitasi pembelian dan penjualan dari situs web. 


Milun Tesovic, 25 dari MetroLyrics.com - Mulai tahun 2001, sementara Milun Tesovic adalah Vancouver, BC siswa SMA, MetroLyrics sekarang situs lirik musik yang paling populer di Internet. Metrolyrics mendapatkan lebih dari 32 juta pengunjung bulanan yang unik dan merupakan situs musik keenam paling populer di web. Milun bernama Mahasiswa Nasional 2009 Pengusaha Champion oleh Memajukan Kanada Kewirausahaan (ACE) Kanada, dan menerima Simon Fraser University Pengusaha of the Year Award tahun 2008. 


Derek Johnson, 25 dari Tatango.com - Derek Johnson sedikit oleh pengusaha bug awal dalam hidup, memulai bisnis pertama penjualan permen untuk rekan-rekan siswa saat istirahat pada usia delapan tahun. Derek, pekerja keras menyatakan diri, menempatkan di 100 + workweeks jam untuk membantu memenuhi visi Tatango.com. Awalnya diluncurkan sebagai networkText.com pada tahun 2007, Tatango sejak memfasilitasi pengiriman puluhan juta pesan teks ke berbagai ukuran kelompok, melalui kelompok sederhana yang siap digunakan mereka texting platform. 


David Karp, 23 dari Tumblr.com - Dimulai oleh David Karp pada tahun 2007, platform Tumblr kini memiliki 4,2 juta pengguna dan telah mendarat $ 5,5 juta di modal ventura. Tumblr adalah layanan online gratis yang memungkinkan Anda dengan mudah anything. Pengguna dapat mengirim teks, foto, kutipan, link, musik, dan video, dari browser mereka, telepon, desktop, email, atau di mana pun mereka berada. Untuk saat ini, Tumblr telah memfasilitasi lebih dari 500 juta pesan dari semua jenis. 

Zhang Rui, 30 dari Mosh.cn - Zhang Rui adalah pendiri Mosh.cn, salah satu situs terbesar Cina jaringan sosial, sebuah situs yang telah diambil orang muda Cina oleh badai dalam beberapa tahun terakhir.Tidak seperti situs jaringan sosial, salah satu fokus Mosh adalah untuk mendorong pertemuan tatap muka di antara para anggotanya. Sebagai situs ini dalam bahasa Cina, tidak banyak informasi yang dapat diperoleh secara langsung, tetapi sebagai tahun 2006, situs ini mempunyai 300.000 pengguna dan tumbuh di lebih dari 700 pengguna per hari. Jika tarif tetap stabil, mereka harus di lebih dari satu juta pengguna saat ini. 

Kevin Rose, 33 Digg.com - Pada musim gugur tahun 2004, Kevin Rose menarik $ 1.000 keluar dari akun dan membayar freelance web developer $ 12 jam untuk mock-up halaman web, dan membeli beberapa ruang server $ 99 sebulan. Dia kemudian membayar $ 1.200 untuk digg.com nama domain, dan proyek dimulai. Hari ini Digg memiliki lebih dari 40 juta pengguna, dan kekayaan bersih Kevin ini diperkirakan mencapai lebih dari $ 60 juta. Rose juga co-host Diggnation podcast mingguan dengan Alex Albrecht, di mana mereka membahas cerita atas dari Digg.com. 

Jake Nickell, 29 Threadless.com - Dengan $ 500 dan ide untuk apa pikir Jake Nickell akan menjadi proyek sampingan, ia mulai Threadless.com 10 tahun yang lalu. Saat ini, perusahaan telah berubah menjadi apa Jake menggambarkan sebagai, "sebuah global t-shirt fenomena." Fitur situs yang desain t-shirt disampaikan dan memilih atas dengan ribuan anggota. Jake juga baru-baru ini menginvestasikan $ 1,2 juta di Graphic.ly, yang memberikan pengalaman sosial yang mendalam dan pasar di sekitar komik digital dan terkait barang dagangan. 

Andrew Gower, 31 dari Runescape.com - Sebagai pendiri Jagex, Ltd, Andrew Gower menulis kode dan mengembangkan konsep Runescape dengan saudaranya Paulus pada tahun 2001. Hari Runescape adalah # 1 multiplayer game gratis di Internet dengan lebih dari 150.000 pemain online pada waktu tertentu, dan saham Andrew dengan saudaranya dan estimasi kekayaan bersih $ 217 juta. 

Adam Toren & Matius Toren dari YoungEntrepreneur.com - Ok, jadi ini mungkin adalah sebuah plug tak tahu malu, namun saudaraku Matius dan saya punya cerita besar pengusaha muda. Kami bangga untuk mengatakan bahwa kita benar-benar melambangkan semangat kewirausahaan. Selain menjadi pendiri YoungEntrepreneur.com (yang diluncurkan kembali pada 1999), kami telah banyak mengajar dan kepentingan penelitian termasuk pemasaran, pengembangan usaha, munculnya kewirausahaan, manajemen strategi kewirausahaan, teknik pertumbuhan bisnis, inovasi, dan penciptaan usaha baru. Kami telah membeli, menjual dan masih beroperasi beberapa usaha online. Kami baru-baru ini merilis sebuah buku berjudul, Kidpreneurs, dan mengoperasikan situs blog, Blogtrepreneur.com.

Thursday 3 March 2016

TIPS PELUANG BISNIS JASA MEMBUAT WEBSITE MODAL KECIL


ABSTRAK
Memanfaatkan peluang bisnis dalam hal jasa pembuatan website adalah harus dengan keahlian Anda dalam dunia programming web dan sudah berhasil membuat website dengan waktu yang tidak lama dan dengan kualitas website yang bagus. Harus memiliki skill ini bila memang ingin memulai bisnis dengan sedikit modal.

Dalam soal tarif, maka Anda bisa mematok tarif kontan tanpa DP dan tarif uang muka (DP) dari 10-50% sesuai harga yang sudah disepakati.

Kenapa menggunakan tarif uang muka alias DP? Karena bisnis yang Anda bangun adalah bisnis sistem jasa yang membutuhkan waktu pembuatan website sesuai pemesanan sehingga untuk menghindari pembatalan pemesanan dari konsumen.

Bisnis jasa membuatan website bisa dijadikan bisnis utama bahkan penghasilan utama karena memang potensi penghasilan puluhan juta per bulan bisa Anda raih dengan mudah. Anda bisa mendapatkan komisi besar pada sekali proyek yang tergantung tingkat kesulitan pembuatan website itu sendiri.

Apalagi bila Anda gabungkan dengan bisnis jasa hosting maka orang yang sudah memesan website pada Anda bisa akan menjadi pelanggan setia sehingga aliran uang bisa tetap Anda dapatkan walau si pemesan tadi sudah tidak memesan pembuatan website lagi.
   
Anda tinggal mematok harga lebih murah dalam pembuatan website apabila si pemesan menggunakan jasa hosting Anda. Maka tentu orang yang belum memiliki hosting lebih baik menyewa ke Anda sambil dibuatkan website. Tentunya servis dalam hosting lebih bisa didapatkan si pemesan website.

Hidup di era online ini membuat orang ingin menampilkan dirinya dalam dunia online. Bukan hanya dirinya tapi juga ingin menampilkan bisnis, lembaga dan sebagainya. Tentunya bila ingin seperti ini maka perlu media website. Tidak mau dong hanya numpang pada website orang lain? Sehingga jalan salah-satunya adalah menyewa jasa pembuat website dengan disertai alasan klise namun masuk akal= tidak mau ribet dan pusing.

Banyak sekali program-program belajar yang mengajari belajar membuat website. Bila Anda mempunyai kemampuan membuat website, maka Anda bisa membuka bisnis jasa pembuat website sekaligus bisnis program tutorial website. Menarik kan? Sehingga orang-orang bisa belajar dan sekaligus memesan website dari Anda.

Agar Anda sukses membuka bisnis jasa membuat website maka Anda perlu perhatikan tips-tips di bawah ini. Anda bisa mempelajari tipsnya lalu mengembangkan menurut keinginan Anda.

Tips Bisnis Jasa Website Pertama : Skill Membuat Website

Mungkin Anda seorang yang pernah menempuh pendidikan pemrograman web. Namun ini bukan menjadi bekal Anda dalam membuka bisnis jasa membuat website. Yang menjadi bekal dalam bisnis ini adalah skill pembuatan website. Anda sudah terbiasa mengotak-atik scrip website sampai menjadi makanan ringan, hm...

Pengetahuan dan keahlian dalam program PhP, MySql, shtml, dhtml, perl, dan juga pengetahuan tentang server programming menjadi suatu keharusan. Bila sudah mempelajari maka Anda uji-cobakan dengan membuat website sesuai permintaan teman Anda.

Tips Bisnis Jasa Website Kedua: Punya Daya Keratif dan Imajinatif

Kreatif adalah suka membuat website dengan berbagai modal. Tidak puas bila sekedar mahir membuat website tapi dalam segi model website tidak ada perubahan. Imajinatif adalah untuk membantu dalam pengembangan desain website alias model website.

Jadi, Anda perlu perhatikan daya kreatif dan imajinatif dalam pembuatan website. Website bisa dimasukkan pada sebuah karya seni karena didalamnya menuntut keindahan desain. Sehingga penting memperhatikan daya kreatif dan imajinatif.

Tips Bisnis Jasa Website Ketiga : Perhatikan Website Yang Ada Di Internet Sebagai Contoh Pembuatan Website

Banyak sekali website-website yang ada di internet. Bahkan ada jenis website yang tampilannya hampir sama seperti misal website untuk forum. Ini sebagai bekal kerja bahwa desain website tidak akan lepas dari yang sudah ada sehingga mempermudah dalam pembuatan. Namun Anda perlu memberikan sentuhan berbeda yang tujuannya mengembangkan kreatifitas.

Tips Bisnis Jasa Website Keempat: Menguasai dan Memenuhi Segala Bentuk Permintaan Konsumen

Orang yang meminta pemesanan website biasanya melihat contoh website di internet. Tidak bisa lepas dari contoh yang sudah ada. Bila memang Anda sudah terbiasa membuat website sesuai yang ada di internet maka permintaan konsumen bisa Anda jalani semua.

Namun bila konsumen ingin memintakan tampilan yang berbeda dari website yang sudah ada entah dalam warna tampilan atau lainnya maka Anda pun sudah terbiasa kreatif dalam pembuatan website yang berbeda dari website yang sudah ada.

Jadi, bila Anda sudah menguasai yang sekiranya sesuai permintaan konsumen maka tentu Anda harus memenuhi permintaan konsumen bila sudah terjadi pemesanan website.

Menarik bukan dalam memanfaatkan peluang bisnis jasa membuat website? Ya tentu menarik karena potensi penghasilannya besar. Satu proyek pembuatan website toko online bisa mencapai 3-5 juta lebih.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis jasa membuat website maka tahap pengembangannya Anda juga harus memikirkan membangun tim bisnis Anda. Mungkin Anda mahir dalam pemrograman web namun tidak jago dalam desain gambar sehingga pembuatan website yang memerlukan desain gambar bisa terbantu teman Anda. Atau banyak sekali pemesan sehingga memerlukan tambahan tenaga ahli.

PELUANG USAHA MENDAPATKAN UANG DARI BLOG


ABSTRAK

Bagi sebagian orang, aktifitas ngeblog merupakan langkah jitu untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari internet. Memang untuk mencari uang dari internet itu tidak mudah. Meskipun anda mendapatkannya secara Cuma-Cuma. Namun anda harus merubah mindset anda sekarnag juga. Tidak ada memulai bisnis itu yang hasilnya instan. Anda harus memulai dengan niat dan anda harus yakin bahwa usaha anda ini akan berhasil. 


Semua model bisnis apapun tetap memerlukan kerja keras secara konsisten dan berkesinambungan hingga anda meraih target penghasilan tertinggi. Kalau anda masih belum bisa merubah cara pandang lama, lebih baik berhenti membaca sekarang dan beralih untuk fokus pada profesi offline dan segera mendaftarkan diri pada lowongan kerja yang tersedia di instansi atau perusahaan terdekat di kota anda. Ada pepatah bilang usaha yang keras tidak akan menghianati hasil yang besar.


ISI

Langkah untuk pertama kali menjalani usaha ini, anda harus sudah memiliki blog. Jika anda belum punya anda bisa mendaftar secara gratis di blogspot maupun di wordpress.

Disni saya asumsikan anda semua sudah memiliki blog. Sebelum anda bisa menghasilkan uang dari blog. Anda harus mengikuti cara-cara sebagai berikut

Luangkan waktu khusus buat ngeblog, seorang blogger yang sudah pengalaman pasti mempunyai waktu khusus untuk mengelola blognya. Seorang blogger tidak hanya menulis artikel yang bagus, artikel yang seo friendly. Seorang blogger juga harus berinteraksi dengan blogger lain. Untuk menambah ilmu, share pengalaman, melakukan blog walking, dan lain-lain. Anda bisa luangkan waktu 1-2 jam untuk aktifitas ngeblog anda, yang tentunya tidak akan mengganggu aktifitas anda untuk kuliah / bekerja. 

Jika anda ingin menjadi seorang blogger profesional, anda harus memiliki keahlian di tema blog anda, jika anda memiliki keahilian di bidang teknologi, anda dapat memposting artikel tentang teknologi. Dengan menulis blog dengan sesuai keahlian maka segala aktifitas ngeblog anda akan merasa menyenangkan.

Pengetahuan ngeblog anda harus di perdalam. Anda bisa mempelajari tentang apa itu seo friendly, social bookmarking, pengetahuan dasar database, pengetahuan skrip dasar html,css,javascript yang berguna untuk mengedit tampilan blog anda agar lebih tampilannya dinamis.

Anda juga harus memiliki kemampuan untuk membuat blog anda memiliki tampilan yang unik, tampilan yang tidak membingunkan pengunjung. Dan membuat akses blog anda menjadi lebih ringan(fast loading). Ada banyak sekali template yang tersebar di internet, anda bisa mendownloadnya namun anda juga harus bisa mengetahui strutkur kode dari template tersebut agar mudah untuk mengeditnya.

Kemampuan menulis seorang blogger profesional. Memiliki blog dengan tampilan yang bagus saja tidak cukup. Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik untuk membuat artikel yang berkuallitas. Tidak harus tulisan yang baku. Tulisan ala seorang sastrawan. Cukup dengan tulisan yang dapat di mengerti oleh pengunjung blog anda.

Pengetahuan dunia bisnis internet/ internet marketing. Hal ini sangat penting agar blog anda bisa menghasilkan uang. Semakin kreatif kita mempromosikan blog kita. Maka akan semakin tinggi juga trafik kita. Trafik blog sangat berpengaruh dalam menghasilkan uang dari blog. Misal seseorang memiliki blog dengan trafik 1000 visitor tiap hari. Maka peluang untuk mendapatkan iklan semakin besar. Seorang blogger profesional harus mempunyai jiwa bisnis.

Seorang blogger harus mempunyai kemampuan komunikasi dengan baik. Minimal seorang blogger profesional bisa berbahasa inggris. Karena kita bersaing secara global. Dan blogger prosefisonal di tingkat dunia menggunakan bahasa inggris untuk setiap artikelnya. Dan perlu di ingat jika anda ingin cepat untuk mendapatkan uang banyak dari penghasilan blog. Gunakanlah bahasa inggris untuk artikel di blog anda. Namun dengan blog bahsaa indonesia sudah cukup untuk bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari blog.

Seorang blogger harus memiliki kreativitas untuk mencipatkan hal yang beda dan inovatif untuk mencipatakna sesuatu yang baru. Seorang blogger harus bisa membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Juga memiliki cara yang baru untuk mempromosikan blognya di social media, forum-forum. Dan seorang blogger harus mempunyai jaringan yang baik antar blogger. Yang saya maksud adalah hubugan yang saling menguntungkan antara blogger. Misal dengan cara sharing ilmu. Sharing pengalaman, dan shairng motivasi. 

Setelah kita melakukan langkah-langkah diatas untuk menjadi seorang blogger profesional kita bisa mendapatkan uang dari ngeblog. Disini saya asumsikan anda sudah memiliki blog dan cukup untuk mendapatkan uang dari blog. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog di antaranya anda mendaftar di layanan iklan dari google, yakni google adsense. Disini saya akan membahas saja tentang bagaimana cara blog bisa mendapatkan uang dari google adsense. 

Daftarkan blog anda ke google adsense dengan cara mendaftar di google.com/adsense atau bisa dengan cara buka blogger dashboard-> klik setelan-> bahasa dan pemformatan. Ganti bahasa blog anda menjadi bahasa inggris UK, tekan tombol simpan setelan. Setelah selesai nanti terdapat menu penghasilan adsense. Silahkan daftar di situ. Setelah selesai pendaftaran. Silahkan letakkan kode iklan anda yang dari google adsense ke blog anda. Nanti ada tinjauan dari google. Jika blog anda layak maka google akan memasang iklan di blog anda.

Disini saya asumsikan anda sudah di full aproved oleh google adsense. Bentuk iklan dari google adsense. Teks, Gambar, Multimedia, Flash, Video, Iklan gambar animasi, Audio, Unit tautan.

Bagaimana prinsip perhitungan iklan di google adsense


CPC = Singkatan dari (Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan.
Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.

CTR = Singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%

CPM= Cost per Mille Dalam istilah indonesia biasa di sebut BPS (Biaya per Seribu),jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.

RPM=Revenue Per Thoushand Impression Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri golongkan dalam 3 hal, seperti yang di bawah ini. 

1. RPM Kueri Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000. RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000 Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00. 

2. RPM Halaman Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000. RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000 Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00. 

3. RPM Permintaan Iklan Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000
 

Sumber perhitungan iklan google adsense dari web resmi google

Google adsense membayar dengan cara berikut Siklus pembayaran AdSense adalah bulanan. Taksiran penghasilan Anda akan dikumpulkan sepanjang satu bulan, lalu pada awal bulan berikutnya, penghasilan Anda akan diselesaikan dan diposkan ke saldo Anda di Riwayat pembayaran. Jika saldo Anda melebihi ambang pembayaran, untuk indonesia ambang bayarnya adalah 1.300.000 dan Anda tidak memiliki penangguhan pembayaran, Anda akan menerima pembayaran pada atau sekitar tanggal 21 dalam bulan tersebut. Perlu diketahui bahwa kapan tepatnya Anda akan menerima pembayaran bergantung pada bentuk pembayaran yang Anda pilih. Dapat mengambil pembayaran google adsense melalui western union.

Referensi
http://www.bomberprofit.info/2015/08/peluang-usaha-menggunakan-produk-google-blogger.html
http://modalusaha.net/cara-usaha-sampingan-menjadi-blogger/
http://portal-uang.com/2013/09/5-syarat-menjadi-blogger-sukses.html
https://support.google.com/adsense/answer/32725?hl=id&ref_topic=1113898&rd=1